PELATIHAN SERTIFIKASI K3 BIDANG PESAWAT ANGKAT & ANGKUT (PAA) KEMNAKER R.I.

Training / pelatihan K3 operator alat-alat berat di rancang untuk memenihi kebutuhan operasional perusahaan menuju produktivitas produktivitas, efisien dan meningkatkan daya saing perusahaan. Dalam rangka penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), diperlukan operator-operator alat-alat berat yang memiliki kualifikasi sebagaiman di teteapkan oleh perundangan. Dengan adanya operator-operator yang kompeten tentunya akan dapat meminimalkan risiko kecelakaan selama pengoperasian peralatan tersebut.

Sebagaimana disebutkan diatas kami  PT Sahabat Indonesia Group, sebagai perusahaan PJK3 yang ditunjuk oleh DIRJEN Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Tenaga Kerja dan Transmigrasi R.I. mengadakan PELATIHAN & SERTIFIKASI K3 BIDANG PESAWAT ANGKAT DAN ANGKUT (PAA).

Jenis Pelatihan & Sertifikasi
Pelatihan dan Sertifikasi Operator Excavator
Pelatihan dan Sertifikasi Operator Wheel Loader
Pelatihan & Sertifikasi Operator Crane : 
– Pelatihan dan Sertifikasi Operator Truck Crane
– Pelatihan dan Sertifikasi Operator Mobile Crane
– Pelatihan dan Sertifikasi Operator Pedestal Crane

Dasar Hukum Pelatihan dan Sertifikasi Operator Pesawat Angkat Angkut

Pelatihan Operator Pesawat Angkat Angkut merupakan sebuah implementasi dari peraturan maupun undang-undang yang menjadi acuan pelaksanaan. Sehingga para pekerja bisa memperoleh keahlian sebagai operator dan perlindungan melalui peraturan yang sistematis. Dengan demikian keselamatan bekerja dapat diperoleh untuk menciptakan suasana kerja yang efektif di lapangan.

Terdapat beberapa dasar hukum yang bisa Anda pegang sebagai alasan mengikuti pelatihan menjadi Operator Pesawat Angkat Angkut , di antaranya:

  1. Peraturan yang terkandung dalam undang-undang No.1 Tahun 1970 membahas tentang keselamatan tenaga kerja.
  2. Peraturan yang terkandungan dalam Per.Menaker No.1/Men/1989.
  3. Peraturan yang terkandung dalam Per.Menaker No.09/Men/2010.
  4. Peraturan yang terkandung dalam Per. Menaker No.05/Men/1985.

Apa Itu Training Operator Pesawat Angkat Angkut ?

Training Operator Pesawat Angkat Angkut adalah salah satu jenis pelatihan yang diselenggarakan bagi individu bersertifikasi untuk mengoperasikan Pesawat Angkat Angkut . Memiliki tujuan utama sebagai pembelajaran kompetensi dan pengetahuan K3 bidang angkat dan angkut. Supaya mampu mengoperasikan Pesawat Angkat Angkut sesuai prosedur dan mampu mengurangi risiko kecelakaan maupun human error di lokasi kerja.

Pelatihan ini disampaikan dan didukung oleh Kementerian Tenaga Kerja RI menggunakan standardisasi nasional maupun internasional. Kemudian dibimbing pula bersama para ahli profesional untuk memberikan materi lengkap tentang Operator Pesawat Angkat Angkut . Mulai dari pembahasan regulasi, pengoperasian dan perawatan setiap perangkat kerja.

Setiap materi yang disampaikan oleh pembimbing disajikan dengan lebih menarik dengan beragam metode. Mulai dari metode diskusi, studi kasus, presentasi dan praktik di lapangan. Apabila lulus dalam tahap training ini maka Anda berhak memperoleh sertifikat  profesional dari Kementerian Tenaga Kerja RI.

Pentingnya Training Operator Pesawat Angkat Angkut

Pelaksanaan training bagi setiap Operator Pesawat Angkat Angkut berdampak positif terhadap beberapa aspek dalam kehidupan Anda. Salah satunya adalah kepemilikan sertifikat resmi tentang kelayakan untuk bekerja dan mengoperasikan Pesawat Angkat Angkut pada sebuah perusahaan tertentu. Sehingga keselamatan jadi lebih terjamin dan strata profesi yang lebih pasti.

Selain itu Anda akan mengetahui beragam materi penting yang diperlukan dalam mengoperasikan Pesawat Angkat Angkut di lokasi kerja, di antaranya:

  1. Materi tentang kebijakan dan kewajiban melaksanakan K3 oleh setiap individu dan perusahaan.
  2. Materi tentang undang-undang No.1 Tahun 1970 yang membahas tentang keselamatan kerja.
  3. Materi tentang Peraturan Menaker No.5 Tahun 1985.
  4. Materi tentang Peraturan Menaker No.1 Tahun 1989.
  5. Materi tentang tata laksana First Aid dan K3.
  6. Materi tentang materi dasar pedestal crane dan motor penggerak.
  7. Materi tentang alat bantu angkat dan cara pengoperasian yang mana.
  8. Materi tentang keselamatan kerja dan penyebab terjadinya kecelakaan.
  9. Materi tentang menghitung jumlah berat badan.
  10. Materi tentang asas perawatan dan pemeriksaan rutin perangkat.
  11. Evaluasi akhir.

Tujuan Training Operator Pesawat Angkat Angkut

Melaksanakan rangkaian Pelatihan Operator Pesawat Angkat Angkut menandakan Anda telah berpartisipasi dalam program pemerintah. Kemudian termasuk ke dalam usaha untuk menjaga keselamatan selama di lokasi kerja.

Kemudian menciptakan kondisi yang nyaman untuk lebih fokus dan menyelesaikan beragam perencanaan yang sukses. Terdapat beberapa tujuan lainnya yang bisa Anda peroleh melalui pelatihan ini, di antaranya:

  1. Mampu mengendalikan beragam macam bahaya mengancam yang bisa terjadi kapan saja tanpa prediksi akurat.
  2. Mampu mengetahui dan memahami aneka prosedur penggunaan Pesawat Angkat Angkut yang lebih aman. Salah satunya beragam komponen Pesawat Angkat Angkut .
  3. Mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan disiplin tinggi ketika mengoperasikan Pesawat Angkat Angkut di lapangan.
  4. Mampu memperoleh tanggung jawab dalam mengendalikan dan mengoperasikan Pesawat Angkat Angkut di lokasi kerja dengan menaati beragam aturan yang telah disepakati dan bersifat resmi.
  5. Mampu melaksanakan tanggung jawab sebagai Operator Pesawat Angkat Angkut berstandar internasional.

Training Operator Pesawat Angkat Angkut bisa Anda ikuti dengan melengkapi beberapa persyaratan, di antaranya:

  1. Foto Copy ijazah terakhir (Minimal SLTP) sederajat.
  2. Foto (background merah) ukuran 4×6 dan 1.5×2 sebanyak 3 lembar.
  3. Melampirkan surat rekomendasi dari perusahaan.
  4. Telah berpengalaman kurang lebih satu tahun sebagai operator angkat angkut berkapasitas 25 ton.
  5. Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.

Hasil yang Hendak Diperoleh Setiap Peserta Training

Setiap materi yang disampaikan kepada Anda selama masa pelatihan yang berlangsung 3 hari ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Sehingga setiap operator yang bertugas di lapangan mampu mematuhi aturan dan tidak bertindak gegabah dalam bertindak.

Antisipasi tersebut perlu dilakukan supaya kecelakaan akibat human error di lokasi kerja dapat dihindari dan menurunkan risiko kehilangan orang-orang tercinta di lingkungan keluarga Anda. Agar mampu menjaga keselamatan Anda secara pribadi ketika bekerja dan menghilangkan kekhawatiran keluarga tercinta.

Jadikan Indonesia negara yang patuh demi kenyamanan dan ketertiban aturan untuk menciptakan kenyamanan bagi semua orang. Mari pastikan Anda telah bersiap untuk mengikuti pelatihan menjadi seorang Operator Pesawat Angkat Angkut profesional.

Fasilitas dan Lokasi Training

Selama masa pelatihan ( Public Training ), peserta pelatihan akan mendapatkan beberapa fasilitas dari Formasi Training antara lain sebagai berikut :

  1. Instruktur
  2. Ruang pelatihan yang nyaman
  3. Free wifi
  4. Modul materi
  5. Alat tulis
  6. Souvenir Polo Shirt dan Goody Bag Formasi Training
  7. 2 kali coffee break dan 1 kali makan siang
  8. Sertifikat kehadiran
  9. Sertifikat Kemenaker**
  10. Jemputan bandara jika diperlukan**

Jadwal dan Daftar Harga Pelatihan/Training.

Utk Informasi Lebih Lanjut atau ada yang mau di Tanyakan Silahkan Hubungi ke Customer Service kami, dengan Click Contact US. atau Silahkan Chat Kami dengan Live Chat PT. Sahabat Indonesia Group yg ada di bawah Page, atau Chat via WA kami Click..